Pengertian CMS dan Macam - macamnya



Kepanjangan dari CMS adalah Content Management System. CMS adalah Sebuah software web yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengelola'an seperti : upload, edit, dll.



CMS dapat di gunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti :
  • Website Perusahaan, Bisnis, Organisasiatau komunitas
  • Portal
  • Galeri foto
  • Aplikasi E-Commerce / Toko online
  • Mengelola Website pribadi / blog
  • Dan lain lain
 1.CMS Wordpress


CMS Wordpress adalah sebuah CMS yang sebenarnya di kategorikan ke dalam CMS jenis blog. Meskipun di khususkan untuk blog banyak developer - developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website dari company profile hinga toko online.

2.CMS Joomla


CMS Joomla di gunakan untuk membuat sebuah website seperti company profile, personal, website sekolah, hingga toko online.

3.CMS Drupal 


Dengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla, tapi sangat mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.

4. Aura CMS
Ini adalah salah satu CMS hasil buatan anak indonesia. Namun, CMS ini masih banyak mempunyai kekurangan dibandingkan CMS-CMS seperti di atas, tetapi jika anda mampu mengembangkan CMS ini, alhasil CMS ini akan setara dengan CMS-CMS yang sudah populer saat ini. Selengkapnya tentang Aura CMS di sini.
5. CMS Opencart
CMS OpenCart adalah CMS khusus untuk membuat sebuah Toko Online. CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce. Beda dengan CMS-CMS diatas. Kekurangan CMS Opencart adalah dari sisi SEO, tetapi untuk manajemen kontennya CMS ini bisa dibilang mudah.
6. CMS Prestashop
CMS Prestashop juga sama dengan CMS Opencart, kedua CMS ini sama-sama dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan mudah.
7. CMS Moodle
CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya.

 Vonus : LIKE :v


Sumber :
#Vermansyah

No comments:

Powered by Blogger.