Macam - macam Jaringan Komputer



Hidet - Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data.
Di bawah ini adalah macam - macam jaringan komputer



1.Local Area Network 


local area network (LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

2.Wide Area Network
Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

3.Metropolitan Area Network


Metropolitan area network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

4.Personal Area Network

 
Personal Area Network (PAN) adalah Jaringan komputer atau titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, telepon, televise, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal ataupun perangkat komunikasi public seperti internet.

5.Desk Area Network


Desk Area Network (DAN) adalah workstation multimedia berbasis di sekitar interkoneksi ATM (seperti yang ditunjukkan dalam diagram di atas). Semua komunikasi antara perangkat dan bahkan antara CPU dan memori utama dicapai dengan mengirimkan sel-sel ATM melalui switch fabric.




No comments:

Powered by Blogger.