Konfigurasi NAT Menggunakan CLI



Hidet - Nat adalah suatu metoda yang digunakan untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP saja. Banyaknya penggunaan metoda ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (Security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.
NAT memungkinkan komputer yang mempunyai address yang tidak terdaftar atau komputer yang menggunakan address private, untuk bisa mengakses Internet karena address yang tidak terdaftar tidak memungkinkan untuk koneksi internet jika tidak melalui metoda NAT ini. Dan karena yang bisa koneksi ke internet adalah address yang dikenal atau yang biasa disebut IP Public. Mudahnya NAT ini diatur agar klien bisa melakukan koneksi internet, dengan catatan yang dikenal oleh internet adalah IP Publik kita, bukan IP Lokal LAN kita. Jadi internet menganggap data merupakan request dari mikrotik yang memiliki IP Public sedangkan nanti mikrotik akan mem- forward ke kliennya yang melakukan request.
langsung saja :

Konfigurasi NAT melalui console / CLI

adapun perintah untuk konfigurasi NAT melalu console / CLI dengan perintah berikut ini:

ip firewall nat add chan=srcnat out-interface=public action=masquerade

 

setting NAT dengan cli
Penjelasan perintah konfigurasi NAT 
>action - adalah aksi yang akan di lakukan pada paket 
>masquerade - adalah alamat asal (ip local ) yang akan di translasikan ke ip publik agar ip local tersebut dapat terhubung ke jaringan publik atau jaringan internet 
>chain - adalah proses yang akan di alami oleh paket 
>out-interface - adalah interface pada router sebagai jalan keluarnya paket

No comments:

Powered by Blogger.